TUGAS ARTIKEL

MANGA ( KOMIK) BERPENGARUH POSITIF TERHADAP IMAJINASI ANAK & ULASAN PARA MANGAKA ( KOMIKUS )

Istilah manga & mangaka berasal dari jepang. Dalam bahasa jepang, manga berarti komik/ cerita bergambar, sementara mangaka berarti ( komikus). Manga adalah cerita bergambar yang didalamnya mengandung kreatifitas yang dituangkan oleh komikus. Komikus adalah orang yang membuat manga ( komik). Komik pun ada hubungannya dengan anak, karena komik dibuat umumnya untuk anak- anak. Bahkan orang dewasa pun banyak juga yang menyukainya.  Tapi dewasa ini sering kali di anggap para orang tua sebagai salah satu penyebab kemalasan atau pun di anggap dapat mengganggu belajar anak-anak mereka di sekolah atau pun di rumah.

 

Pandangan seperti ini tidaklah benar! Karena membaca Manga( komik dalam bahasa Jepang) merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan daya imajinasi & motivasi anak. Survey membuktikan bahwa tujuh dari sepuluh anak gemar membaca komik, & pada kenyataannya itu berpengaruh positif kepada lima dari ketujuh anak tersebut.

 

Berikut adalah pengaruh positif yang didapat anak dari membaca komik :

–         Membiasakan anak membaca,

–         Memacu anak untuk memahami 2 hal antara gambar & bacaan,

–         Meningkatkan kemampuan otak kanan

–         Mengembangkan imajinasi

 

kita lihat contoh di Jepang, tempat dimana komik( manga) pertama kali dibuat. Jepang adalah salah satu Negara maju dimana setiap penduduknya memiliki kesadaran akan kreatifitas yang tinggi juga Sumber daya Manusia mereka yang Unggul di antara Negara- Negara di Asia lainnya.

 

Hal ini karena sejak kecil mereka terus melatih daya imajinasi mereka dalam hal berfikir dan berbuat. Bagaimana mereka melakukannya?

 

Tentu dengan membaca. Salah satunya komik( manga) atau cerita bergambar.Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk Visual yang baru akan mengerti akan suatu hal setelah mereka melihat wujud suatu hal dalam wujud gambar. Gambar disini berarti cerita bergambar( komik).

 

 

Dalam komik( manga ) sendiri berisi tentang cerita fiktif ataupun non fiktif yang ke-duanya mengandung unsure imajinasi yang di buat oleh pengarang komik atau yang sering disebut komikus.

 

Di jepang para mangaka di anggap sebagai artist. Betapa tidak! Di sana komik merupakan salah satu profesi yang paling menjanjikan.

 

 

Sudah banyak komikus ( Mangaka) legendaries yang menginspirasi para komikus- komikus baru.

Contohnya,

Takehiko Inoue dalam karyanya :

–         Chamelion Jail

–         Slamdumk

–         Buzzer Beater

–         Vagabond ( yang meraih penghargaan kebudayaan Osamu Tezuka pada 2002 )

–         Real

 

Akira Toriyama ( sang artist komikus yang legendaries) dalam karyanya :

–         Dragon Ball

–         Fox Tale

–         Blue Dragon

–         Ia juga pernah membuat karakter untuk permainan video yang kemudian diangkat juga kedalam manga & anime, yaitu DRAGON QUEST

 

 

Eichiro Oda ( pernah menjadi asisten Nabuhiro Watsuki dalam pembuatan Samurai X) dalam karyanya :

–         Romance Down

–         One Piece ( saat ini menjadi salah satu yang terpopuler)

 

 

 

Masashi kishimoto ( menjadi terkenal semenjak karyannya NARUTO sukses besar, baik di Jepang maupun di luar negeri) dalam karyanya :

–         NARUTO

–         NARUTO SHIPUDEN

–         666 SATAN

 

 

Masih banyak lagi yang lain, tetapi Saat ini karya mereka adalah manga (komik) terfavorit yang paling sering di terbitkan di jepang dengan rating tertinggi.

 

Karya yang mereka buat pun mewakilkan seluruh imajinasi yang dituangkan dalam sebuah cerita bergambar dengan pesan moral yang banyak terkandung didalamnya.

 

Komik yang mereka ciptakan tidak semata karena uang, tetapi karena mereka cinta terhadap profesi mereka & hal ini sudah membudaya didalam setiap jiwa para komikus ( Mangaka).

 

Jadi kesimpulannya, mambaca komik erat kaitannya dengan imajinasi anak, karenanya marilah kita contoh para mangaka( komikus) sebagai inspirator & motivator dengan pesan- pesan moral mereka dalam usaha mengembangkan imajinasi anak & ikut serta dalam upaya melestarikan budaya membaca, salah satunya dengan membaca komik.

 

Pesan dari penulis ! Tak ada yang lebih diinginkan para komikus selain melihat karya & pesan moral mereka dibaca setiap detailnya oleh para pembacanya.

 

 

Artikel By :   Aries Kenta Pamase

 

 

Referensi :

–         www.manga.com

–         www.articlemangaka.com

–         Mind personal

–         Collector manga

 

 

EKONOMI KOPERASI

 

 

 

 

TUGAS :

ARTIKEL

 

 

 

 

 

 

 

 

JUDUL :

MANGA ( KOMIK) BERPENGARUH POSITIF TERHADAP IMAJINASI ANAK & ULASAN PARA MANGAKA ( KOMIKUS )

ARIES KENTA PAMASE

10208176

2 EA 11

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s